Motivasi Belajar



      A.   Pengertian MOTIVASI
Menurut  Mc. Donald, yang dikutip Oemar Hamalik (2003.158)
-          Motivasi adalah perubahan  energy dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan. Dengan pengertian ini, dapat dikatakan bahwa motivasi adalah sesuatu yang kompleks.
Menurut  A.M Sardiman (2005.75)
-          Motivasi belajar dapat juga diartikan sebagai serangkain usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertuntu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, makan akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan  tidak suka itu.
Menurut Siti Sumarni (2005), Thomas L. Good jere B. Brapy (1986)
-          Motivasi sebagai energy penggerak dan pengarah, yang dapat memperkuat dan  mendorong seseorang untuk bertingkah laku. Ini berarti perbuatan seseorang tergantung motivasi yang mendasarinya.
-           
      B.   Macam-macam Motivasi Belajar

Motivasi belajar memiliki dua macam motivasi yakni Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstinsik..
v        Motivasi Intrinsik
a.       Menurut Syaiful Bahri (2002:115)
-          Motivasi Intrinsik yaitu motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak memerlukan rangsangan dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu.
b.      Menurut Siti Sumarni (2005)
-          Motovasi Intrinsik adalah motivasi yang  muncul dari dalam diri seseorang.
c.       Menurut  Sobry Sutikno (2007)
-          Motivasi Intrinsik yaitu motivasi yang timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.
v          Motivasi Ekstrinsik
a.       Menurut A.M Sudirman (2005:90)
-          Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif dan berfungsinya karena adanya perangsang dari luar.
b.      Menurut Rosjidan, et al (2001:51)
-          Motivasi Ekstrinsik adalah motivasi yang tujuan-tujuannya terletak diluar pengetahuan, yakni  tidak terkandung didalam perbuatan itu sendiri.
c.       Menurut Sobry Sutikno
-          Motivasi Ekstrinsik adalah motivasi yang timbul akibat prngaruh dari luar individu, apakah karena ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lainsehingga dengan keadaan demikian seseorang mau mrlakukan sesuatu.

     C.    Contoh-contoh Motivasi Belajar

-           Misalnya guru memberikan beberapa soal latihan (3-5 soal) kepada siswa. Soal-soal tersebut dikerjakan secara individu. Kemudian guru memberikan batas waktu ( misal  10-15 menit). Soal-soal yang sudah dikerjakan dikumpulkan sesuai hitungan waktu yang diberikan oleh guru. Misalkan siapa yang bisa mengumpulkan 10 menit pertama dan 10 orang tercepat, dengan catatan jawaban soal itu benar semua, maka akan diberikan nilai A. apabila siswa mengumpulkan 10-15, maka mendapat nilai B, itu apabila soal tersebut terjawab benar semua, tetapi bila ada yang salah maka akan mendapat nilai B-, C+,C atau C-. dengan cara tersebut maka siswa akan termotivasi dan mereka akan berpacu untuk menjadi yang lebih baik.






0 comments:

Post a Comment